Tuesday 20 December 2011

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Didalam kehidupan bermasyarakat,biasanya terdapat banyak keluarga yang dikepalai oleh seorang kepala keluarga. Biasanya orang itu disebut ayah atau papa,tergantung sebutan di dalam keluarga itu. Dalam berkeluarga,terdapat banyak situasi. Ada yang disebut keluarga ideal, keluarga berkecukupan, dll. Namun didalam tulisan saya ini,akan saya bahas tentang keluarga ideal.
Menurut beberapa orang, keluarga ideal adalah keluarga yang berkecukupan dalam segala hal. Baik dalam sandang, pangan maupun papan. Namun menurut saya keluarga ideal tidah hanya harus berkecukupan dalam sandang, pangan, atau papan saja. Karena ada banyak hal yang juga penting didalam sebuah keluarga, seperti pendidikan, komunikasi, juga kasih sayang.
Menurut saya keluarga yang ideal adalah keluarga yang harmonis dalam berkomunikasi, selalu merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Biasanya dalam keluarga ideal itu terdapat ayah, ibu dan dua orang anak atau keluarga berencana, keluarga berencana dianjurkan oleh BKKBN. Hubungan antara orangtua dan anak-anaknya pun berjalan dengan harmonis dan terbuka. Apabila seorang anak mengalami sesuatu dia akan bercerita kepada orangtuanya atau jika ada masalah si anakpun akan bercerita kepada orangtuanya. dalam sebuah keluarga, masing-masing individu memiliki peranannya masing-masing. Ayah,sebagai kepala keluarga mempunyai peranan penting dalam keluarga. Selain sebagai pemberi nafkah untuk anak dan istri seorang ayah juga harus bisa melindungi keluarga dari ancaman apapun. Terlebih lagi, seorang ayah harus dapat berkomunikasi dengan keluarga dengan baik. Hal ini dimungkinkan agar seorang ayah dapat menjalankan perannya dengan baik. Di sisi lain seorang ayah juga dapat berperan sebagai teman serta sahabat bagi anak-anaknya. Ini berarti seorang ayah dituntut untuk berperan aktif dalam sebuah keluarga agar tercipta sebuah keluarga ideal.
Selain ayah, juga terdapat seorang wanita yang biasanya disebut ibu. Dalam sebuah keluarga ideal,seorang ibu memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Peran ibu dalam sebuah keluarga ideal yaitu sebagai seseorang yang bisa menjadi sahabat untuk anak-anaknya agar terjalinnya hubungan yang harmonis dengan anak, selain itu ibu juga dapat menjadi guru bagi anak-anaknya dan ibu juga dapat sebagai
Dalam keluarga ideal terdapat beberapa anak, seorang anak juga memiliki peranan di dalam sebuah keluarga. Peranan anak adalah melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.

No comments:

Post a Comment