Thursday 15 December 2011

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Organisasi adalah sebuah wadah dimana sekelompok orang ingin mencapai tujuan yang sama. Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Oraganisasi tebentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek yaiu kesamaan dalam visi, misi dan tujuan yag sama. Oraganisasi dikatakan baik apabila organisasi tersebut telah di akui keberadaanya oleh masyarakat disekitarnya, karena dapat mengurangi angka penangguran di wlayah tersebut. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup.  Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
Berikut beberapa bentuk – bentuk organisasi
1.      Organisasi Politik
2.      Orgaisasi Negara
3.      Organisasi Kemahasiswaan
4.      Organisasi Sekolah
5.      Organisasi Olahraga
6.      Organisasi Sosial


Organisasi Kepemudaan di Indonesia  
            Organisasi di Indonesia  muncul di zaman refomasi itu karena didesak oleh keadaan negara Indonesia yang ingin cepat merdeka. Berikut beberapa organisasi kepemudaan pada zaman reformasi.
1.      Boedi Oetomo
Budi Utomo berdiri pada tahun 1908 yang pada awal mula berdirinya merupakan organisasi pelajar yang ruang lingkupnya masih kedaerahan, namun pada perkembangannya berubah menjadi organisasi perkumpulan pemuda nasional.
2.      Trikoro Dharmo
Trikoro Dharmo adalah sebuah perkumpulan pemuda yang berasal dari Jawa pada tahun 1915 di gedung kebangkitan nasional. Organisasi ini kemudian mengubah nama menjadi Jong Jawa pada kongres di Solo. Arti definisi / pengertian dari tri koro dharmo adalah Tiga Tujuan Mulia.
3.      Jong Sumatra Bond (Persatuan Pemuda Sumatra)
Organisasi oni berdiri pada tahun 1917 yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antar pelajar yang berasal dari sumatera.
4.      Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia
Organisasi yang satu ini berdiri pada tahun 1925 yang diprakarsa oleh mahasiswa Jakarta dan Bandung dengan tujuan untuk Kemerdekaan Indonesia.
5.      Jong Indonesia
Perkumpulan pemuda dan pemudi ini didirikan pada tahun 1927 di Bandung di mana kemudian organisasi ini diubah menjadi Pemuda Indonesia untuk yang berjenis kelamin laki-laki dan Putri Indonesia bagi yang perempuan. Pemuda Indonesia membuat kongres di mana pada kongres yang kedua menghasilkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.
6.      Indonesia Muda
Indonesia Muda adalah organisasi nasional yang lahir karena dorongan Sumpah Pemuda pada tahun 1930 sebagai peleburan banyak organisasi pemuda daerah / lokal.
7.      Organisasi Perkumpulan Daerah
Setelah muncul jong jawa dan jong sumatra bond, maka bermunculanlah organisasi lokal kedaerahan lain seperti jong celebes, jong ambon, jong minahasa, dan lain sebagainya.


Organisasi kepemudaan
Organisasi kepemudaan memiliki fungsi untuk mendukug kepentingan nasional, membeterdayakan potensi, serta kepemimpinan, kewirausahaan dan juga kepeloporan. Fungsi tersbut dapat berjalan baik apabila di jalankan dengan semangat, kesukarelawanan, kemandirian dan pengabdian.
Karang Tarua adalah salah satu organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang taruna adalah sebuah wadah generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyrakat. Sebagai organisasi sosial karang taruna merupkan wadah untuk pembinaan dan pegembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.  Karang taruna didirika dengan tujuan untuk memberikan pembinaan terhadap generasi muda, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, sosial, edukasi, agama, keterampilan, advokasi.     
http://graveminds.blogspot.com/2010/09/organisasi-organisasi-pertama-di.html

No comments:

Post a Comment