Thursday 8 March 2012

Manusia dan Kebudayaan

Manusia sangat berkaitan erat dengan kebudayaan. Menyapa pada manusia yang lain merupakan suatu kebiasaan yang menjadi kebudayaan dalam masyarakat. Pada dasarnya lingkungan adalah salah satu pengaruh besar terhadap kepribadiaan seseorang. Manusia yang sebagai penganut, pembawa, dan pencipta kebudayaan, mengapa dikatakan seperi itu? Karena manusia menciptakan kebudayaan itu sendiri yang awalnya kebiasaaan dan mereka menurunkan kebiasaan itu pada keturunannya dan hal itu akna menjadi kebuadayaan yang turun-temurun.
Dalam hal kebudayaan manusia sangat berbeda sekali dengan makhluk hidup lainnya. Manusia memiliki keindahan kebudayaan yang beragam berbeda sekali dengan mahkluk hidup lainnya yang hidupnya monoton dan hanya memiliki kebiasaan yang tidak berubah.  
Karena indonesia ada di bagian timur, jadi kebudayaan indonesia berkiblat pada bangsa timur. Bangsa Timur yang terkenal dengan kesopanan, baikdan yang lainnya. Dengan seiringnya kemajuan globalisasi yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kebudayaan asing masuk. Di Indonesiapun yang pada awalnya berkibalt pada bangsa Timur kini sudah bercampur dengan budaya bangsa Barat. Terlihat jelas pada manusianya yang kini sudah banyak sekali kebudayaan barat yang melekat.

No comments:

Post a Comment