Thursday 19 June 2014

Manfaat Bawang Merah




Siapa yang tak mengenal bumbu masakan yang satu ini? Bawang merah, primadona di dalam dunia kuliner. Tanpa bawang merah, rasanya masakan Asia Tenggara termasuk Indonesia tak akan terasa geregetnya. Memang bawang merah  ini merupakan salah satu komoditi yang penting. Tapi tunggu dulu, tak hanya dalam hal kuliner, bawang merah ini juga ternyata memiliki sejumlah khasiat penting dalam dunia pengobatan tradisional hingga modern. Manfaat bawang merah ini kabarnya jauh lebih efektif jika digunakan dalam keadaan mentah. Apa sajakah khasiat yang dimaksud? Simak poin demi poin berikut ini:
  1. Pernahkan Anda bertanya mengapa nenek moyang kita mewariskan kebiasaan menyantap sate dengan bawang merah mentah? Ini bukan hanya persoalan selera tetapi juga untuk melindungi tubuh dari ancaman kanker. Tahukah Anda bahwa karbon yang ada pada sate merupakan pemicu kanker? Nah, bawang merahlah yang menetralkan ancaman karbon pada sate. Kandungan senyawa sulfide pada bawang merah memang dikenal baik dalam menangkal kanker mulai dari payudara, usus, paru-paru, prostat dan lain-lain.
  2. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk melindungi kesehatan jantung. Bawang merah mentah memang dikenal ampuh mengontrol tekanan darah dan juga membuka pembuluh darah yang sebelumnya tersumbat.
  3. Dengan mengunyah bawang merah mentah, secara tidak langsung Anda tengah membunuh kuman sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut Anda. Karena itu, setiap hari luangkanlah waktu mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali. Hal ini akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi Anda.
  4. Apabila Anda atau kerabat Anda memiliki keluhan jerawat, cobalah menjus bawang merah dan tambahkan madu serta minyak zaitun ke dalamnya. Konsumsi sehari sekali dan lihatlah, jerawat Anda akan hilang dalam tempo waktu yang singkat.
  5. Jika Anda mengalami nyeri pada perut, konsumsilah jus bawang merah agar nyeri tersebut segera reda. Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat anti-radang. Senyawa ini akan membantu meringankan sakit pada perut Anda.
  6. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk meyeimbangkan urin. Caranya, minumlah air rebusan bawang merah sebanyak 7 gram. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan nyeri atau rasa panas yang muncul saat buang air kecil.
  7. Bawang merah dikenal baik untuk mereka yang terkena penyakit jantung sebab kandungannya mampu membantu penipisan darah.
  8. Manfaat bawang merah selanjutnya adalah untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Caranya, cukup kunyah beberapa bawang merah mentah. Lakukan hal ini hingga keluhan Anda perlahan hilang.
  9. Bawang merah juga bisa mengobati keluhan seperti masuk angin dan juga persendian yang terganggu. Caranya cukup mudah, campurkan bawang merah yang telah digerus bersama dengan minyak kelapa hangat. Gunakanlah layaknya minyak yang biasa Anda pakai mengurut. Minyak bawang merah ini juga bisa menghangatkan tubuh Anda.
  10. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Mengurangi Earache,beberapa Tetes Jus bawang merah ini Benar-benar Telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita dari akut sakit telinga, Dan suara dering pada telinga dapat di sembuhkan dengan mererapkan Jus bawang merah melalui kapas.
  11. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk manfaat sebagai pengganti amoniak : Aroma, Bau yang di miliki pada bawang merah sangatlah terasa menusuk kedalam hidung, dan meransang darah, fungsi pernafasan, juga fungsi saraf. Hal seperti ini dapat membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadar diri atau pingsan.

No comments:

Post a Comment